Senin, 26 November 2012

Pengertian Departmen


3.1    Pengertian Departmen
Di dalam sebuah hotel terdapat beberapa departemen yang berperan penting dalam kelancaran operasional hotel tersebut. Salah satu departemen yang penting yang penting keberadaannya adalah Food and Beverage Department. Food and Beverage Department adalah salah satu bagian yang melayani dan mengolah makanan dan minum untuk tamu di dalam hotel.
Peran Food and Beverage Department sangat penting karena dapat mengangkat citra hotel, apabila mampu membuat makanan dan minuman yang enak dengan pelayanan yang memuaskan.
Fungsi food and beverage yaitu memudahkan tamu untuk mendapatkan pelayanan makanan dan minuman selama tamu berada di hotel.
Menurut Drs. Adi Soenarno, M.B.A (1996 : 73) didefinisikan bahwa “Food and Beverage Service adalah pelayanan makanan dan minuman, bidang yang khusus memberikan pelayanan dalam penanganan makan seperti manajer restoran, waiter dan sebagainya”.
Di dalam Food and Beverage Service department terdapat beberapa outlet salah satunya coffee shop. Drs. Adi Soenarno, M.B.A (1995 : 40) mengemukakan “coffe shop adalah jenis rumah makan yang menyediakan menu di meja (table d’hote) dan memakai sistem langsung pesan (a la carte) dengan jumlah menu lebih terbatas dari pada restaurant”.
Coffee shop dapat digunakan untuk buffet breakfast. Drs. Adi Soenarno, M.B.A (I995 : 28) mendefinisikan “buffet adalah sistem penyajian makanan dengan menempatkan bermacam-macam makanan dimeja panjang dan orang yang akan makan langsung mengambil sendiri makanan yang disediakan.
Sebelum tamu breakfast dibutuhkan seorang waiter/ss. Menurut Drs. Adi soenarno, M.B.A (1995 : 205) “waiter/ss yaitu pelayan restaurant laki-laki/ perempuan yang mempunyai tugas menunggu tamu, melayani pemesanan/ order dan menyajikan makanan minuman untuk tamu tersebut”. Seorang waiter/ss juga harus bisa mempersiapkan peralatan buffet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar